tips-cara-perawatan-aki-kering

4 Tips Sederhana Untuk Merawat Aki Kering

Posted on

tips-cara-perawatan-aki-keringSeputar Tentang Aki Kering – aki/accu basah merupakan aki yang paling umum digunakan pada kendaraan bermotor dan paling sering dijumpai. Aki basah memiliki wadah yang transparan dan berisi cairan bening. Namun demikian, ternyata terdapat satu jenis aki lagi, yang beredar di masyarakat yaitu aki kering. aki ini merupakan pengembangan dari aki basah. Secara fisik, bentuk aki kering dan basah sangatlah berbeda. Perbedaannya dengan aki basah adalah dari sisi wadah yang tidak transparan dan berwarna gelap. Selain ciri fisik tersebut, aki kering tidak memiliki lubang untuk mengisi air sebagaimana aki basah. Aki kering kini semakin popular dan semakin banyak dimanfaatkan.

Jika aki basah terdapat cairan di dalamnya, maka accu kering memiliki isi yang berwujud gel. Dalam penguapannya, tingkap penguapan gel ini sangatlah minim. Saat menguap, uap yang dihasilkan tersebut tidak dibuang keluar, melainkan tetap tertampung di dalam wadah, sehingga volume di dalam accu kering tetap terjaga. Karena volume accu selalu terjaga, maka jenis ini tidak membutuhkan perhatian kusus sebagaimana accu basah. Kondisi accu kering yang tidak membutuhkan perhatian khusus disebut dengan maintenance Free.

Saat kita menggunakan accu kering dalam kendaraan bermotor kita, maka kita harus tau sekilas tentang accu kering. Diantaranya yaitu tentang ciri- ciri accu kering yang masih bisah diperpanjang masa pakainya atau diperbaiki saat accu telah aus, sampai kepada cara perawatan accu kering.

Ciri – ciri accu kering yang dapat diperbaiki dan diperpanjang masa pakainya

  • Pagi hari saat accu tidak kuat stater saat kendaraan jalan, namun saat dicoba lagi kuat untuk stater kembali
  • Test Charging secara berkala untuk memastikan kondisi accu mobil masih dapat menerima input arus listris kurang lebih sekitar 2,5 – 7 A, sedangkan untuk motor sebesar 7 – 12 A.
  • Umur accu kering baik untuk motor maupun mobil masih di bawah 1,5 tahun.

Alat – alat yang digunakan untuk melakukan perawatan accumulator

Obeng mini, lem atau lakban. Charger accu, suntikkan 20 ml bekas tinta printer, cairan elektrolit (bisa dibeli di toko accu atau elektronik langganan anda)

Cara Perawatan Acumulator

  1. Air Accu

Saat menggunakan kendaraan bermotor, Accu kering merupakan jenis accu yang MF (Maintenance Free), maka anda bisa untuk melewati tips ini. Karena memang di desain untuk perawatan yang minim atau relatif kecil, terutama pada airnya. Aki kering tidak memerlukan perawatan ini, karena di dalamnya terdapat gel, bukan cairan. Namun jika yang anda gunakan adalah aki basah, maka perawatan rutin harus anda lakukan. Perawatan tersebut terkait dengan pengontrolan batas minimal air yang harus terpenuhi dalam wadahnya. Seminim- minimalnya 2 bulan sekali, air aki basah harus dicek. Hal itu ditujukan agar elemen- elemen di dalam aki tetap terendam air dan agar elemen- elemen aki basah tidak cepat berkarat dan rusak.

  1. Terminal Accu

Bagian ini memiliki 2 kutub, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Pada kedua ujung aki kering yang terdapat terminal positif dan negative, yang nantinya akan dihubungkan ke seluruh sistem kendaraan bermotor. Pastikan tidak ada serbuk putih hasil oksidasi kimia yang menenpel pada kedua terminal tersebut. Jika ada oksidasi, maka segera siram dengan air panas kemudian gosok pada bagian terminal tersebut untuk menghilangkan serbuk putih sisa oksidasi. Semprot dengan WD40 (bisa dibeli di toko bangunan langganan) ke kepala kedua terminal nya, agar serbuk tidak kembali lagi.

  1. Cek Alternator Accu, yaitu dinamo ampere dan dinamo starter

Lakukan pengecekan secara berkala pada kedua alternator ini. Pengecekan alternator bisa dilakukan sebulan sekali.

  1. Besar Penggunaan Accu

Tidak jarang orang suka memodifikasi mobil dengan menambahkan beberapa fitur dan audio di dalam mobil yang tentunya membutuhkan daya aki yang lebih besar dari pada normalnya. Berkenaan dengan hal tersebut, mungkin aki yang harus dibeli dengan daya yang lebih besar misalnya daya 75Ah. Namun, sebainya konsultasi terlebih dahulu dengan orang yang hendak memasang audio maupun fitur lain di mobil anda. Agar aki yang digunakan dapat sesuai dengan kebutuhan.

Berikut merupakan paparan sekilas tentang aki kering. Semoga dapat menjadi sumber referensi dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *