sistem-sistem-pada-kendaraan

11 Sistem Kendaraan Untuk Anda Pahami

Posted on

sistem-sistem-pada-kendaraanSistem Kendaraan – System pada sebuah mobil terdiri dari 11 sistem, cukup banyak bukan. Secara umum kebanyakan sistem ini berlaku pada semua mobil.

Jadi, mari kita pelajari semua system ini secara menyeluruh dengan mudah dan menyenangkan. Sistem mobil secara sederhana merupakan kelompok sparepart yang melayani fungsi-fungsi terkait.

Ulasan dibawah ini akan menjelaskan setiap sistem dan bagaimana dia bekerja dengan sistem lain.

Sistem Bahan Bakar Kendaraan

Sebagaimana telah Anda lihat, mesin membutuhkan bahan bakar dan udara untuk berjalan. Jenis bahan bakar apa? Sebagian besar mobil berjalan dengan bensin, maka inilah yang akan saya bicarakan. Bensin tidak terbakar sebaik cairan.

Dia harus dicampur dengan udara, sehingga menjadi uap yang mudah terbakar apabila dinyalakan. Oleh karena itu, sistem bahan bakar Anda menyimpan bensin dalam tangki kemudian memompanya sebagaimana yang dibutuhkan ke karburator.

Karburator mencampur bahan bakar dengan jumlah udara yang tepat, kemudian mengirim campuran bahan bakar/udara ke mesin untuk dinyalakan dalam ruang pembakaran. Pada mobil meliputi system ini meliputi pompa, karburator, tangki, saluran dan saringan.

Sebagai pengganti karburator, mobil dapat menggunakan sistem injeksi untuk mencampur dan menyalurkan bensin ke mesin secara efisien.

Beberapa sistem injeksi akan mengganti karburator, sementara yang lain akan menggunakan injektor di setiap silinder. Bagi beberapa mobil yang berusia kurang dari 10 tahun pasti mempunyai sistem injeksi.

Sistem Starter Mobil

Saya menyebut starter/penyalaan, mengapa begitu? Karena untuk melakukan starter campuran bahan bakar/udara dalam silinder mesin, percikan api listrik harus dikirim ke silinder pada saat yang tepat. Aki dan alternator mensupply listrik, koil penyalaan mengubah voltase rendah menjadi tinggi, dan distributor melanjutkan bunga api ke silinder.

Mobil yang tua menggunakan sistem mekanis, yang disebut distributor, untuk mendistribusikan bunga api. Mobil masa kini/baru menggunakan komputer untuk membantu mengatur pelayanan, yang disebut sistem penyalaan yang diproses komputer (computerized) atau tanpa distributor (distributorless).

Sistem Pendingin Mobil

Dengan seluruh ledakan yang terjadi dalam mesin ini, Anda membayangkan mesin akan menjadi panas. Betul memang, sebenarnya, tanpa sistem pendingin, mesin segera akan membakar habis dirinya. Ada mesin yang didinginkan melalui aliran udara.

Tetapi sebagian besar saat ini didinginkan dengan air. Secara aktual, mesin-mesin tersebut menggunakan campuran air dan bahan kimia lain, yaitu coolant (cairan pendingin) untuk menjaga temperature mesin tetap aman.

Cairan pendingin mendinginkan mesin dengan menyerap panas dari silinder tanpa memasuki silinder. Dia mengalir melalui ruang sebelahnya, yang disebut dengan water jacket. Panas dialihkan ke cairan pendingin, yang dipompa ke radiator melalui selang.

Kipas menghembuskan udara pada radiator untuk mendinginkan cairan. Pompa air digerakkan oleh perputaran mesin. Kipas digerakkan oleh mesin pada mobil kuno, dan kipas listrik digunakan pada mobil masa kini.

Mobil juga dapat menyebarkan sebagian cairan pendingin yang dipanaskan melalui poros alat pemanas untuk menghangatkan bagian dalam ruangan penumpang. Sangat rapi, bukan?

Sistem Pelumasan Mobil

Gosoklah dua buah benda bersama-sama selama beberapa detik dan Anda akan melihat hasilnya: aus. Untuk mengurangi aus, tuangkan sejumlah oli atau minyak pelumas di antara dua benda tersebut. Itulah cara mencegah mesin mobil dari aus: berikan pelumasan dengan baik.

Dalam mesin ada sistem untuk menyimpan, memompa, dan menyaring oli yang melumasi onderdil bergerak. Ada juga Onderdil yang bergerak di luar mesin: roda, as roda, dan sebagainya. Onderdil ini membutuhkan minyak pelumas lebih kental, yang disebut minyak gemuk.

Banyak mesin mobil yang cepat rusak karena pelumasan yang kurang. Pegang motto ini, “Selamatkan kehidupan: Lumasilah mobil!”

Sistem Pembuangan di Mobil

Ledakan di dalam mesin menghasilkan gas yang harus dibuang untuk menyiapkan jalan bagi campuran bahan bakar/udara yang lebih banyak. Sistem pembuangan melakukan pekerjaan ini.

Mesin mengeluarkan gas/asap melalui pipa yang mengumpulkan gas tersebut dari seluruh silinder kemudian menyalurkannya melalui pipa/knalpot untuk bercampur dengan udara luar.

Gas buang mengantarkan suara berisik yang diciptakan oleh seluruh ledakan ini, oleh karena itu gas tersebut harus diredam (dari sinilah munculnya peredam suara).

Sistem Kontrol Emisi

Tak seorang pun suka mencium udara buang yang menyengat. Juga tak seorang pun mau hidup bersama emisi bahan bakar yang mempunyai sistem kontrol emisi yang mengurangi emisi dan pembuangan yang menyengat sebelum mereka mencemari udara (sebagian besarnya).

Konventor katalisis adalah sistem kontrol emisi paling terkenal, tetapi ada juga yang lain.

Sistem Transmisi : Perseneling

Seluruh tenaga dari mesin harus dikirimkan ke roda. Sebagian, pekerjaan ini dilakukan oleh sistem transmisi. Tanpa transmisi, barangkali mobil Anda akan mempunyai kecepatan paling tinggi kira-kira 30 km/jam. Bahkan mungkin tidak dapat menempuh jarak jauh atau jalan yang berbukit-bukit.

Jika Anda pernah mengendarai sepeda yang memiliki roda gigi lebih dari satu, Anda tahu bagaimana persneling bekerja. Roda gigi paling besar membuat anda berjalan. Kemudian rantai bergerak ke roda gigi lebih kecil ketika momentum berkembang. Begitulah persisnya transmisi mobil bekerja.

Transmisi mobil adalah kotak persneling yang menghantarkan tenaga mesin ke as roda penggerak. Sistem kerjanya seperti ini: Persneling pertama menghantarkan tenaga mesin untuk menggerakkan mobil dari 0 mph sampai 10 mph.

Apabila dipindahkan ke persneling kedua yang lebih kecil, transmisi tersebut membantu mobil berjalan dari kira-kira 20 mph sampai 40 mph. persneling ketiga, lebih kecil lagi, menggerakkan mobil dari 40 mph sampai 60 mph. Persneling keempat membawanya sejauh mobil akan berjalan – 65 mph.

Transmisi manusal mensyaratkan agar pengemudi menekan pedal kopling dan menggerakkan tongkat persneling setiap saat persneling yang baru dibutuhkan. Menautkan kopling tersebut membantu menghubungkan perputaran mesin dan transmisi.

Transmisi otomatis memilih dan menggunakan persneling yang benar sebagaimana dibutuhkan. konvertor momen putar memindahkan tenaga dengan mulus ke as roda penggerak. Poros penggerak dan differensial mengirim tenaga ini ke mobil yang digerakkan roda belakang.

Mobil yang digerakkan roda depan menggunakan unit transaxle untuk melayani fungsi yang sama, menggabungkan transmisi dan differensial menjadi unit tunggal.

Ya, itu adalah deskripsi yang sangat disederhanakan mengenai bagaimana sistem transmisi mobil bekerja.

Sistem Listrik : Termasuk Batrei

Sistem listrik mobil Anda adalah sepasang sistem yang terkait. Sistem penstateran menghidupkan mobil Anda menggunankan baterai dan starter.

Sistem pengisian menggunakan tenaga untuk menggerakkan alternator, mengisi baterai kembali, dan menggerakkan alat tambahan. Banyak sistem lain dalam mobil kemudian menggunakan energi listrik baterai untuk beroperasi.

Sistem Suspensi dan Kemudi

Bayangkan dunia tanpa tikungan ke kiri atau ke kanan! Di mana saja, bagi mobil, kontrol tampaknya tidak lebih penting daripada sistem kemudi. Tanpa sistem kemudi, mobil hanya dapat bergerak lurus. Sistem kemudi membuat pergerakan roda kemudi ke pergerakan ban.

Peran pendukung dimainkan oleh sistem suspensi. Dia meredam pergerakan naik-turun dan sisi-ke-sisi mobil ketika meluncur di jalan. Tanpa sistem suspensi, jalanan yang Anda tempuh menjadi kasar.

Sistem Rem : Berhentilah Sebelum Anda Melukai Seseorang

Bayangkan jika mobil tanpa rem! Perjalanan ke mana pun akan dihantui rasa takut. Takut akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Atau perjalanan akan dibatasi oleh kecepatan, di mana Anda harus menarik kaki untuk menghentikan mobil Anda. Atau harus memakai sepasang sepatu rem!

Untunglah, mobil memiliki sistem rem – dan sistem tersebut sangat efisien. Setiap roda mempunyai rem yang dikendalikan oleh alat pengontrol hidraulik, yang disebut dengan silinder induk (master).

Rem servo menggunakan pendorong untuk mempermudah penghentian. Sistem rem anti-penguncian (ABS) menjamin pengereman berjalan lancar dan efisien. Rem parker atau rem untuk keadaan darurat menahan mobil di tempatnya ketika diparkir.

Sistem Lain : Seluruh Barang Rongsokan Lain Yang Anda Butuhkan

Ada sistem dan komponen lain yang membantu mobil berjalan. Roda dan ban mengoperasikan tenaga mesin di jalan.

Sistem penahanan penumpang mencegah orang menjadi terlempar. Sistem hiburan, nah ini dia, memberikan hiburan pastinya. Setiap sistem membantu mobil yang bergerak menjadi lebih efisien, aman, dan menyenangkan.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Jika mobil sangat mirip, mengapa mereka kelihatan – dan bertingkah laku – sangat berbeda? Karena terdapat ribuan variasi pada desain mobil yang mendasar guna memenuhi kebutuhan, selera, dan anggaran masyrakat pembeli mobil.

Demikianlah 11 ulasan tentang sistem pada mobil, Silahkan dipahami yaa. Salam hangat CoverBanMobil.com

Baca Juga : Review Ford Ecosport Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *