perawatan untuk ban serep
perawatan untuk ban serep

Perawatan Untuk Ban Serep Mobil

Posted on
perwatan untuk ban serep
perwatan untuk ban serep

Perawatan Ban Serep Mobil – Penyelamat mobil anda kala ban mobil anda kempis atau bocor hanya ban serep lah yang jadi super heronya. Ban serep mobil merupakan bagian penting pada mobil yang seharusnya diperhatikan, ia merupakan perangkat keamanan yang penting bagi mobil. Karena ia berperan saat terjadi sesuatu pada ban mobil yang sedang bekerja, maka ia perlu perawatan yang istimewa.

Dengan cara merawatnya ban serep akan dapat bekerja dengan sempurna ketika dibutuhkan. Ban serep kerap terabaikan karena ia terletak pada bagian belakang, bahkan ada beberapa yang di letakan di bawah mobil. Padahal kita tahu bahwa perannya sangat penting untuk mobil.

Cara Merawat Ban Serep Mobil

Untuk merawat ban serep mobil anda, maka lakukan langkah-langkah di bawah ini agar ban serep selalu prima dan siap ketika digunakan, sebagai berikut :

– Periksalah selalu tekanan angin pada ban serep mobil anda.

Pastikan tekanan angin pada ban serep mobil sesuai kebutuhan dan sesuai spec yang digunakan. Pengecekan tekanan angin pada ban serep ini dilakukan minimal 1 bulan sekali. Apabila ban serep dibiarkan begitu saja dan tidak di cek secara rutin maka tekanan angin pada ban serep anda akan berkurang.

Sebagaimana kita ketahui ban karet memiliki pori-pori yang dapat melepas angin sehingga tekanan angin pada ban serep akan berkurang. Dan tekanan angin juga dapat berkurang secara perlahan-lahan akibat penguapan. Karena itu sebaiknya anda mengisi kembali tekanan angin ban serep anda dengan tekanan dinaikkan 2 psi dari spec pabrik, hal ini disarankan karena frekuensi penggunaan ban serep yang rendah. Agar saat tidak digunakan pengempisan yang terjadi secara perlahan-lahan tidak mengganggu perannya sebagai penyelamat ban mobil anda.

– Periksa selalu keadaan ban serep mobil anda.

Untuk keamanan anda dalam berkendara, anda harus memastikan ban serep milik mobil anda selalu dalam keadaan yang prima. Anda harus merawatnya semisal dengan ban serep yang sedang anda gunakan meskipun frekuensinya tak sebanyak ban yang sedang bekerja. Seperti memeriksa umur ban, rotasi ban, keausan ban, memeriksa kondisi fisik dari keretakan, apabila ban sudah banyak terdapat tambalan ataupun kembangnya sudah tipis dan lain-lain. Apabila beberapa hal di atas sudah terjadi maka haruslah segera diganti dengan yang baru. Karena ban serep yang sudah seperti itu sudah tidak layak untuk digunakan.

– Gunakanlah hardcover ataupun sarung ban serep sebagai pelindung ban serep.

Dengan melindungi ban serep anda dengan hardcover maupun sarung ban serep, maka ban serep mobil anda akan terlindungi dengan baik. Anda akan menghindarkannya dari keretakan pada karet bundar ini, akibat terpapar panas matahari dan hujan terus menerus. Pada mobil-mobil berjenis SUV ban serep biasanya terletak pada bagian belakang mobil. Penggunaan hardcover dan sarung ban serep sangat disarankan karena ban serep akan selalu dalam keadaan prima. Hardcover dan sarung ban serep sudah banyak anda dapatkan di pasaran bahkan anda dapat memilihnya sesuka hati yang matcing dengan mobil anda.

Selamat mencoba dan lakukan hal-hal tersebut secara rutin agar ban serep anda selalu siap digunakan saat dibutuhkan. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *