Mobil Anda Berjamur, Kok Bisa ?

Posted on

Jamur Pada Mobil – Dikala musim hujan datang disinilah saatnya banjir tiba. Banjir tiba itu tandanya adalah mobil kita akan berada dalam keadaan basah setiap hari. Akan banyak kotoran dan bakteri yang hinggap pada bodi mobil anda. Nah dalam keadaan seperti inilah tingkat kelembaban akan meningkat karena didukung cuaca yang lembab. Kemungkinn tumbuhnya jamur pada kaca mobil bahkan body mobil anda akan meningkat.

Akan sangat menjengkelkan jika anda mengetahui bahwa mobil anda berjamur. Yang jelas anda harus senantiasa setiap hari mengeringkan mobil sesampainya di rumah agar mobil tidak terlalu lama dalam keadaan basah yang akan mengakibatkan tumbuhnya jamur pada body dan kaca depan mobil anda.

kaca-mobil-berjamur
kaca-mobil-berjamur

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan jamur jika mobil anda sudah terlanjur terkena jamur ?

Apakah ada obatnya?

Kaca Dan Body Mobil Berjamur ?

Masalah jamur pada kendaraan memang sangat menjengkelkan dan sangat sulit untuk dihindari, mengingat negara tropis seperti di negara kita ini memiliki tingkat kelembaban yang tinggi ditambah juga musim penghujan serta datangnya banjir yang dapat membuat jamur cepat menempel pada mobil.

Dengan permasalahan ini, disarankan jika sehabis mobil dicuci usahakan betul-betul dikeringkan dengan lap. Tidak terkecuali bagian-bagian dalam antar pintu dan body frame. Coba perhatikan bagian-bagian yang kerap luput untuk dikeringkan dan mengering sendiri pasti lebih banyak jamurnya. Jamur akan lebih cepat tumbuh subur di permukaan yyang dibiarka basah dalam waktu yang lama.

Selain itu, ketika musim hujan atau jika mobil tidak disimpan di garasi alias terkena embun pagi pemilik juga perlu memastikan kalau mobil benar-benar kering. Terlebih lagi jika Anda tinggal di daerah yang tingkat polusinya tinggi.

Untuk kasus kaca depan yang terkena jamur,  jika anda menggunakan bahan kimia atau obat untuk membersihkan jamur dari kaca mobil dikhawatirkan lapisannya (coating) bisa saja terkelupas dikarenakan cairan pembersih yang digunakan terlalu keras.

Akan lebih baik jika setelah kita membersihkan seluruh bagian mobil (termasuk kaca) anda memoles mobil dengan obat poles yang mengandung wax atau silikon sehingga ada semacam lapisan (coating) pada permukaan body maupun kaca mobil, hal ini mampu menunda pertumbuhan jamur. Perlu diketahui bahwa keberadaan lapisan ini tidaklah abadi. Tapi untuk kurun waktu tertentu perlu diulang melapisinya karena tiap kali kita mencuci (dan mengeringkan) mobil, berarti kita mengurangi lapisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *