Pilih Mesin Bensin Atau Diesel ?
Pilih Mesin Bensin Atau Diesel ?

Mesin Bensin Atau Diesel ?

Posted on
Pilih Mesin Bensin Atau Diesel ?
Pilih Mesin Bensin Atau Diesel ?

Bensin Atau Diesel –  Sebelum anda membeli mobil, anda harus mengetahui jenis mobil dan mesin mobil apa yang anda akan beli dan yang sesuai dengan kebutuhan anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum anda memutuskan mobil mana yang anda akan beli.

Biasanya dalam menentukan pilihan mobil anda akan terbersit dalam pikiran pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjawab hal-hal yang harus anda perhatikan serta membuat anda mengetahui mobil mana yang cocok dengan anda. Seperti pertanyaan ini :

  1. Dengan kondisi yang sama-sama baru, mana yang lebih menguntungkan mobil bensin atau diesel ?
  2. Dari segi kenyamanan, mana yang lebih unggul diantara kedua mobil ini ?
  3. Benarkah mobil bermesin diesel lebih tahan terhadap banjir ?
  4. Benarkah konsumsi bahan bahan bakar mesin diesel lebih irit daripada mesin bensin ?
  5. Benarkah perawatan mesin diesel lebih murah daripada mesin bensin ?

Jawaban dari pertanyaan di atas yang harus anda ketahui !

Untuk memutuskan mobil bermesin diesel atau bensin, ada baiknya kita mengerti beberapa hal.

Jika pemakaian perbulan atau pertahun cukup tinggi, maka mesin diesel yang cocok karena pemakaian bahan bakar yang hemat dan mesin diesel dapat diandalkan untuk tugas-tugas berat. Pemahaman lama bahwa mesin diesel berisik, getaran mesin sangat terasa, dan lamban. Hal-hal ini sudah dijawab oleh perkembangan teknologi.

Soal suara memang sudah berhasil dikurangi walau masih tetap lebih keras dibandingkan dengan mesin bensin. Getaran memang sudah berhasil dicarikan jalan keluarnya melalui tekanan bahan bakar yang sangat tinggi dikombinasikan dengan turbo sehingga selain menghasilkan tenaga yang lebih baik, hal ini didukung oleh dudukan mesin yang lebih baik.

Memang sampai saat ini tenaga mesin diesel belum setinggi mesin bensin, tapi perhatikan torsinya yang jauh lebih tinggi pada RPM rendah dibanding mesin bensin. Hal ini dapat dirasakan pada mesin-mesin diesel masa kini yang lebih gesit untuk kondisi stop & go, manuver di luar kota, dan jagoan ditanjakan.

Jika membahas kemampuannya menghadapi banjir, yang dikhawatirkan adalah terisapnya air melalui intake manifold (filter udara) dan knalpot yang dapat mengakibatkan terjadinya water hammer, yang menyebabkan stang piston bengkok bahkan samapi mesin pecah. Sementara soal busi yang yang basah, mesin bensin sudah mampu membendungnya, terutama pada komponen-komponen yang berkaitan dengan pengapian.

Harga mobil bermesin diesel lebih mahal dari yang bermesin bensin, hal ini tentu menjadi pertimbangan sebelum memutuskan. Masalah biaya perawatan rasanya hampir berimbang karena jika mesin diesel modern dihadapkan dengan bahan bakar yang buruk akan menghabiskan biaya perbaikan yang besar.

Sekian informasi mengenai mesin yang menggunakan bahan bakar bensin maupun mesin diesel.

Semoga dapat bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *