Kecelakaan Mobil
Kecelakaan Mobil Akibat Kurang Merawat Mobil

Ingin terhindar dari kecelakaan? Ini Dia Cara Mudah Merawat Mobil Di Rumah

Posted on

Merawat mobil dengan cara sederhanaMerawat Mobil Sederhana – Dalam sebuah survey terbaru menunjukan bahwa 5 dari 10 kecelakaan bisa saja dialihkan hanya dengan melakukan perawatan dasar pada mesin mobil anda.

Hanya dengan perawatan dasar yang sederhana ini dapat menjaga mobil anda tetap prima sehingga anda dapat terhindar dari kecelakaan yang disebabkan oleh mesin yang kurang terawat.

Mari kita bahas mengenai perawatan dasar sederhana untuk menjaga mesin mobil anda dalam keadaan baik sehingga dapat menjaga jiwa dan raga anda selama menjelajahi jalanan dengan kuda besi tangguh kesayangan anda.

Perawatan Mesin Dasar Dan Sederhana

1.) Ganti Oli Secara Berkala

Gantilah oli mobil setiap mobil anda telah melewati jarak sejauh 3.000 sampai 5.000 mill. Oli merupakan sesuatu yang vital pada mesin mobil anda .

Karena oli mempunyai fungsi sebagai pengurang gesekan pada internal mesin mobil anda. Gesekan – gesekan ini yang membuat komponen dalam mesin anda cepat rusak.

Sebenarnya mesin mobil membutuhkan oli dengan kekentalan tertentu, akan tetapi kekentalan oli ini bisa berubah diakibatkan pada pembakaran sewaktu mobil anda akan dijalankan.

Nah untuk itu perlunya anda mengganti oli secara berkala agar mobil anda tetap prima dan mesin tetap awet.

 

2.) Periksa Radiator Mobil Secara Rutin

Di anjurkan setiap anda sudah melewati jarak tempuh 10.000 km untuk mengganti air pada radiator. Radiator yang memiliki peran untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap dalam keadaan dingin dan tidak membuat komponen – komponen mesin mobil anda cepat panas atau over heating. 

Pemeriksaan radiator secara rutin ini meliputi pemeriksaan kebocoran, pengurasan dan penggantian air radiator.

Ini akan membuat radiator mobil anda tetap terawat sehingga ia dapat mengerjakan perannya sebagai penjaga suhu mesin mobil dengan baik.

 

3.) Mengecek Starter Mobil

Apabila mobil anda tidak bisa di starter, itu mungkin dikarenakan kurangnya suplai bahan bakar / udara pada sistem karburator. Hal ini biasa terjadi jika saringan karburator kotor.

Anda bisa membersihkannya sendiri dengan cara yang sangat sederhana. Anda hanya memerlukan kuas atau sikat gigi untuk membersihkan saringan karburator yang kotor tersebut.

Coba di starter lagi, jika tak ada perkembangan segera hubungi bengkel terdekat ya

 

4.) Periksa Juga Timing Belt

Timing belt adalah sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran pada roda – roda gigi mobil yang terhubung dengan internal mesin mobil.

Timing belt juga perlu diperhatikan karena jika timing belt ini rusak atau putus secara tiba – tiba akan mengakibatkan komponen – komponen mesin tertentu rusak dan juga mengganggu suplai listrik pada akumulator.

Gejala kerusakan timing belt biasanya terdengar suara dengung yang bising pada bagian tersebut ketika mobil akan di jalankan.

 

5.) Lakukan Tune-Up Secara Rutin

Lakukan Tune-Up secara rutin di bengkel – bengkel terdekat. Ini akan membuat mobil anda tetap dalam keadaan prima.

Walaupun masih mendapatkan garansi, tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kendaraan Anda setiap saat bukan.

Karena proses tune-up akan membuat bagian penting mobil anda terperiksa seperti bagian busi, oli, filter bahan bakar dan lain sebagainya.

 

Dengan melakukan hal – hal sederhana ini akan membuat mesin mobil anda awet dan mobil selalu dalam keadaan prima niscaya anda akan terhindar dari kecelakaan yang di akibatkan dari kerusakan komponen – komponen mesin dalam mobil kesayangan anda.

Baca juga : Belajar Berbagai Komponen Mobil Disini

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *