Cara Mudah Menambal Ban Mobil Tubeless

Posted on

cara-mudah-menambal-ban-mobil-tubelessBan Tubeles –  Ban Tubeless merupakan salah satu ban mobil yang  dirancang tanpa menggunakan ban dalam. Ban tubeless ini memiliki tulang rusuk terus menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban sehingga mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg roda logamnya. Banyak yang berpandangan tentang kelebihan dan kelemahan ban ini, salah satu diantaranya adalah tidak mudah bocor jika terkena ranjau paku.

Nah, dalam artikel ini kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan ban tubeles ini.

Berikut penjelasan lengkapnya :

  1. Ban tubeless lebih keras dibandingkan dengan ban biasa. Hal tersebut karena struktur karet lebih tebal dan padat pada ban ini. Jika Anda sering melewati jalan rusak atau tidak rata. Maka lebih baik menggunakan ban biasa, karena jika harus memaksakan pakai ban tubeless justru akan merusak pelek dan ban cepat rusak.
  2. Ban tubeless cocok dipakai di jalanan yang mulus misalkan pada perkotaan. Untuk bisa bermanuver atau menikung ban ini lebih mengigit dan stabil pada kecepatan tinggi.
  3. Berbeda halnya dengan ban biasa yang enak dipakai pada jalanan padat dan macet yang bisa selep. Ban tubeless ini hanya bisa dipasangkan untuk pelek racing saja. Sedangkan pelek jari-jari hanya bisa untuk ban biasa.

Di atas merupakan salah satu kelemahan dan kelebihan dari ban tubeles tersebut. Akan tetapi kami akan beri pertimbangan dalam memilih Ban Mobil Tubeless.

  1. Pada umunya ban dengan with tube memiliki profil yang lebih kotak. Sehingga akan menyulitkan anda saat bermanuver dengan kecepatan yang tinggi. Intinya bahaya jika kita menikung pada kecepatan tinggi. Sedangkan ban tubeless dengan bentuk ban yang umumnya lebih bulat efeknya adalah pada kecepatan tinggi mobil dengan ban jenis ini enak dan gampang untuk diajak manuver sana sini dan lebih stabil membuat pengendaranya lebih percaya diri.
  2. Ban non tubeless biasanya mampu bertahan antara 2 sampai 3 tahunan. Sedangkan ban tubeless umumnya dibuat dengan kompon lebih lunak. Untuk pemakaian sehari-hari bisa berkisar sampai dengan 1,5 tahun lebih lah kira-kira.
  3. Saat permukaan jalan basah ban ditugaskan untuk mengalirkan alir secepatnya. Karenanya ban basah mempunyai groove/kembang yang di design khusus dan groovenya lebih dalam.
  4. Saat hujan daya cengkram baik ban with tube atau tubeless bergantung pada tipe kembang ban itu sendiri.
  5. Ban tubeles biasanya bukan tidak bisa bocor, namun leboh tahan bocor dari pada yang non tubeles. Ban tubeless pun sebaiknya begitu terkena paku di jalan secepatnya dibawa ke tukang tambal ban tubeless. Meskipun ban tipe tubeless ini tidak langsung kempes tapi jika dibiarkan begitu saja. Hal ini bisa merusak steel belt ban tersebut jika membiarkan ban tubeless mobil bocor.

Jadi bagi  pemilik ban tubeless sebaiknya melakukan pemeriksaan berkala pada ban tubeles ini. karena dikawatrikan terkena paku bocor anda tidak mengetahuinya. Jika ban tubeles anda bocor segera saja tambakan di tambal ban mobil tubeless.

Ada beberapa tips mudah dalam menambal ban tubeles dengan lem:

  1. Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil menyirami air. Lantas setelah tampak gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari pake tip-ex).
  2. Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering. Setelah kering tetesi dengan lem power (power glue) merek apa aja sehingga lem meresap ke dalam lubang.
  3. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Tunggu kering selama beberapa menit setelah itu pompa lagi.

Apa keunggulannya:

  1. Ban bisa kuat dan anti gagal.
  2. Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.
  3. Tidak menambah massa yang mempengaruhi balancing.
  4. Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban.
  5. Kondisi ban tetap utuh dan seolah-olah ban tidak pernah mangalami bentuk kebocoran. Tidak merusak jaringan karet benang dan kawat ban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *