cara merawat karet wipper
cara merawat karet wipper

Cara Merawat Karet “Wiper”

Posted on
cara merawat karet wipper
cara merawat karet wipper

Cara Merawat Karet Wiper – Mengenai karet wiper di musim penghujan, bagaimana maintenance karetnya sehingga tetap awet dan nyaman digunakan ? Karena sering kali karet wiper saat digunakan menimbulkan baret-baret kecil di lapisan kaca depan sehingga mengganggu pengelihatan terutama di waktu malam hari.

Lalu Bagaimana Cara Merawatnya ?

Sebetulnya proses rusaknya karet wiper justru terjadi pada musim kemarau. Coba perhatikan ketika mobil dijemur disiang hari yang panas. Sentuh kaca depan mobil, akan terasa panas sekali. Pada saat itulah proses “pengerasan” karet wiper terjadi. Seharusnya karet wiper lentur dan bersih sehingga mampu menyapu permukaan kaca mobil kita. Akan tetapi, jika sudah mengeras hasil sapuannya malah akan mengganggu pengelihatan (karena timbulnya garis-garis).

Biasakanlah jika mobil terpaksa dijemur diluar, karet wiper diangkat sehingga permukaan karet tidak bersentuhan dengan kaca yang panas. Ada hal lain yang menyebabkan hasil sapuan pada kaca depan tidak bersih, yakni karena ada jamur yang tumbuh subur karena udara kita sangat tinggi kelembabannya. Juga dikarenakan permukaan kaca yang tidak bersih. Permukaan kaca yang kasar karena kotor dapat menyebabkan karet wiper cepat rusak.

Jadi, memelihara karet wiper adalah penting, tapi juga harus diikuti dengan membersihkan jamur dan kotoran dari kaca mobil kita. Dengan begitu karet wiper serta kaca depan mobil anda akan bersih dan awet.

Sekian pembahasan mengenai cara merawat kaca wiper untuk mobil anda. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *