menyalip-kendaraan
menyalip-kendaraan

Cara Menyalip Kendaraan

Posted on
menyalip-kendaraan
menyalip-kendaraan

Cara Menyalip Kendaraan – Disaat anda berada dalam perjalanan, terutama pengguna mobil yang sering sekali melewati jalan tol. Seringkali anda melihat kendaraan yang menyalip atau saling mendahului jalan pada bahu kanan maupun bahu kiri jalan. Terkadang pula cara menyalip atau saling mendahului itu mempunyai dampak bahaya bagi pengendaranya. Sebelum hal-hal semacam itu terjadi pada anda, ketahui dan perhatikanlah cara-cara untuk menyalip atau mendahului kendaraan yang akan anda salip.

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Menyalip Kendaraan

1. Anda harus bisa mengatur kecepatan pada saat anda melaju dan ingin menyalip kendaraan yang berada di depan anda, atur jarak kendaraan anda dengan kendaraan yang ingin anda salip,dan anda harus mengetahui karakter mesin mobil termasuk power dan torsi yang dimiliki oleh mobil anda. Dengan demikian, anda bisa mengetahui dan mengatur dengan baik mobil anda saat ingin menyalip pada gigi berapa dan kecepatan berapa.

2. Kondisi jalan juga harus Anda perhatikan karena jalanan sangat berperan penting disini. Apakah jalanan itu datar, menurun, atau menanjak. ini semua harus menjadi pertimbangan serius bagi anda pengemudi kendaraan sebelum membuat keputusan untuk menyalip kendaraan di depan Anda. Mungkin saja Anda perlu mengetahui berapa kepastian besarnya torsi mesin pada saat Anda mendahului mobil di depan Anda sehingga Anda dapat mengetahui penyebab mobil menderu keras saat Anda memutuskan untuk mengoper gigi.

3. Mesin sekarang merupakan mesin yang praktis dan mudah tidak perlu lagi pengemudi repot memanaskan mesin karena dalam hitungan detik saja seluruh bagian mesin sudah dapat pelumasan. Yang penting disaat mesin masih dingin jangan terburu-buru untuk berakselerasi, namun berjalanlah dengan perlahan.

4. Lalu, ketika mematikan mesin tidak perlu menggeber gas yang terlalu keras seperti zaman dulu. Karena mesin pada zaman sekarang memang berbeda dan jauh lebih mudah. Pada zaman dulu hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa accu mempunyai cadangan setrum yang cukup dan ketersediaan bahan bakar dalam karburator.

Hal-hal itulah yang sangat perlu diperhatikan bagi pengemudi seperti Anda ketika ingin menyalip atau mendahului kendaraan yang berada di depan Anda. Bukan hanya bagi kendaraan mobil, namun kendaraan lainnya pun juga harus memperhatikan hal-hal seperti di atas dan perlu adanya kehati-hatian disetiap berkendara.

Terimakasih sudah membaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *