Ada baiknya sebelum anda memilih mobil bertransmisi matik, anda harus untuk mengetahui terlebih dahulu cara mengemudikan mobil
Ada baiknya sebelum anda memilih mobil bertransmisi matik, anda harus untuk mengetahui terlebih dahulu cara mengemudikan mobil

Cara Praktis Mengemudikan Mobil Matic

Posted on

transmisi matikCara Mengemudikan Mobil Matik – Terdapat dua jenis transmisi mobil yang ditemukan pada mobil-mobil sekarang yang banyak di jual di pasaran yakni mobil bertransmisi manual dan matik.

Terdapat kelebihan maupun kelebihan antara kedua transmisi ini. Untuk pemilihan penggunaan transmisi mana yang tepat untuk anda, itu tergantung dari kebutuhan dan kondisi jalan yang bisa anda sesuaikan serta sesuai dengan keinginan dan budget anda.

Ada baiknya sebelum anda memilih mobil bertransmisi matik, anda harus untuk mengetahui terlebih dahulu cara mengemudikan mobil dengan transmisi ini dengan cara yang benar dan tepat.

Tanda Pada Persneling Transmisi Matik

Terdapat perbedaan yang jelas antara mobil transmisi manual dan matik yakni terletak pada tanda gigi perseneling mobil. Pada mobil matik anda akan menemukan tanda – tanda ini :

P = Parkir

R = Perseneling Mundur

N = Netral

D = Gigi maju untuk pemakaian sehari-hari

3 = Gigi 3

2 = Gigi 2

L = Gigi yang paling rendah, digunakan untuk keadaan jalan menanjak atau menurun yang curam.

Adapun penggunaan kode-kode ini pada perseneling mobil matik, di antaranya :

P (Parkir) : Digunakan jika anda dalam keadaan parkir. Saat tuas perseneling mobil di arahkan ke tanda P maka mobil tidak bisa maju maupun mundur karena “terkunci”. Jika anda parkir paralel sehingga mobil akan didorong maju atau mundur, maka posisikan terlebiha dahulu perseneling pada tanda “P” agar kunci kontak bisa di cabut.

Barulah setelah itu tuas perseneling dipindah ke tanda “N”  setelah tombol “release” ditekan atau ada yang menyediakan lubang kecil di dekat tuas perseneling.

Pada model-model lama kunci kontak bisa dicabut walaupun tuas masih di “N”. Sedangkan pada mobil eropa yang baru, tuas tidak bisa pindah ke “N” jika kunci  kontak sudah dicabut karena alasan keamanan ketika tuas dipindahkan dari “P” ke “R”; “N” ; atau “D” pedal rem harus diinjak.

Dari “R” ke “D” atau sebaliknya mobil harus dalam keadaan berhenti total. Pergunakan hanya kaki kanan sehingga pedal gas dan pedal rem diinjak bergantian (tidak bersamaan).

Untuk bermanufer anda bisa memakai beberapa teknik, yakni :

  1. Kick Down, Pedal Gas diinjak dalam agar gigi berpindah ke gigi yang lebih rendah untuk menambah akselerasi.
  2. Matikan Over Drive, bagi transmisi matik yang dilengkapi over drive.
  3. Turunkan tuas perseneling dari “D” ke 3
  4. Untuk matik yang sudah dilengkapi steptronic/siftronic pindahkan tuas ke manual dan geser ke arah (-) minus untuk menurunkan gigi.

Pastikan anda memanfaatkan teknik engine brake ketika mengurangi kecepatan dan di jalan menurun karena sudah terbukti teknik ini bisa menghemat bahan bakar dan juga pemakaian brake pads.

Untuk menghadapi jalan yang tergenang agar mobil tidak meluncur terlalu cepat pindahkan tuas ke tanda  “L” pada posisi RPM juga tidak terlalu rendah sehingga kemungkinan air masuk ke knalpot bisa di hindarkan.

Sekian pembahasan mengenai cara mengemudikan mobil dengan transmisi matik dengan baik. Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂 Salam dari team Cover Ban Mobil

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Mobil Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *