Amankah memodifikasi mobil ?
Amankah memodifikasi mobil ?

Amankah Memodifikasi Mobil ?

Posted on
Amankah memodifikasi mobil ?
Amankah memodifikasi mobil ?

Modifikasi Mobil – Di zaman yang sangat pesat kemajuan teknologinya seperti sekarang ini, banyak kita temukan teknologi automotif yang sengaja diciptakan agar mobil nampak lebih keren. Dengan adanya percepatan pada bidang automotif ini, penghasil aksesoris mobil menciptakan produk-produk barunya dalam jangka waktu yang tidak lama. Maka akibatnya adalah penggunaan aksesoris mobil yang sengaja pengguna mobil kenakan pada mobilnya agar mobilnya tambah terlihat wow.

Lalu pertanyaannya sekarang adalah Amankah berkendara dengan mobil yang diberikan tambahan seperti aksesoris yang bukan bawaan dari pabrik mobil tersebut? Adakah akibat atau efek dari mobil yang modifikasi ?

Efek Modifikasi Mobil

Modifikasi kendaraan sebetulnya tidak diharamkan selama tidak melanggar kaidah-kaidah keamanan sebuah kendaraan. Kita semua sepakat bahwa keamanan berkendara di atas segalanya. Di sisi lain pemilik kendaraan menginginkan kendaraannya tampil modis dan menarik sebagai citra dari pemiliknya.

Akan tetapi, modifikasi yang dilakukan jangan sampai membahayakan dirinya sendiri atau kendaraan lain. Sebagai contoh, di antaranya :

  • mengubah velg dengan ukuran yang jauh melebihi standar sekarang ini banyak yang tidak mengerti bawa hal ini akan menyebabkan kerja rem menjadi bertambah berat, dengan kata lain kemampuan seolah menurun dan jarak pengereman akan bertambah.
  • Mengubah lampu depan dengan yang jauh lebih besar watt-nya, atau menggunakan lampu HID/Xenon untuk lampu depan yang bukan projector lamp ini akan menyilaukan kendaraan yang berlawanan arah.
  • Modifikasi mesin sehingga tenaga dan torsi meningkat dengan signifikan tanpa disertai peningkatan kemampuan pengereman dan suspensi akan sangat berbahaya.
  • Penambahan audio/video secara berlebihan selain perlunya diikuti peningkatan kemampuan alternator, hal ini akan berdampak kenaikan konsumsi bahan bakar.

Dengan begitu jika anda ingin melakukan modifikasi pad mobil anda, anda harus memperhatikan bahwa modifikasi harus dilakukan dengan bijak bukan asal ikut-ikutan atau sekedar mengikuti tren. Sekian informasi seputar modifikasi mobil untuk para pecinta automotif khususnya. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *