cara mudah menghemat bahan bakar
cara mudah menghemat bahan bakar

Amankah Berganti Merek Bahan Bakar ?

Posted on

Ganti Bahan Bakar – Sekarang ini sudah banyak tempat-tempat pengisian bahan bakar minyak (BBM) yang berjejeran di jalan raya dari perusahaan perminyakan yang berbeda-beda. Baik perusahaan BUMN maupun swasta dari luar negeri. Anda bisa memilihnya sesuka hati dan sesuai kebutuhan mobil anda. Setiap produk bbm dari tiap perusahaan memiliki jenis bahan bakar dan harga yang bervariasi.

Jika anda adalah salah satu pengguna bahan bakar dari perusahaan perminyakan swasta sebut saja produk bbm shell atau petronas, biasanya tempat pengisian bahan bakarnya jarang ditemukan jika anda berada di luar kota. Karena gerai-gerai di luar kota lebih banyak gerai pengisian bahan bakar dari perusahaan perminyakan BUMN (Pertamina). Maka sering kali karena tak punya pilihan lain anda harus mengganti jenis bahan bakar bahkan berganti merek bahan bakar yang anda gunakan.

mengganti-bahan-bakar
mengganti-bahan-bakar

Lalu amankah berganti bahan bakar ?

Berganti Bahan Bakar

Pada dasarnya yang perlu anda cermati yaitu apakah mobil yang digunakan menuntut bahan bakar minyak (BBM) yang tanpa timbal atau tidak ?

Berapa nilai oktan yang dibutuhkan. Kalau anda hendak mengisi BBM pertamina, maka sebaiknya memilih yang pertamax atau pertamax plus, oleh karena kedua BBM ini memiliki kualitas yang baik. Sementara untuk premium masih mengandung timbal.

Tuntutan mobil yang pada bahan bakar yang tidak mengandung timbal ini menjadi hal yang sangat penting sekali dan tidak boleh dianggap sepele, karena hal ini berarti mobil anda dilengkapi dengan catalystic converter yang akan tersumbat oleh timbunan karbon akibat BBM yang mengandung timbal dan kualitas yang kurang mumpuni.

Akan tetapi, kalau tidak ada kewajiban dari produsen mobil untuk menggunakan bahan bakar tertentu atau tanpa timbal, maka sah-sah saja untuk bertukar BBM saat tengah melakukan perjalanan di luar kota. Dan kalau hal ini terpaksa dilakukan, maka hal yang paling terasa pada umumnya adalah tenaga mesinnya yang berkurang.

Dengan demikian jika anda tidak punya cara lain selain berganti bahan bakar yang biasa anda pakai. Maka hal itu boleh dilakukan jika produsen mobil anda tidak mengharuskan atau menentukan BBM mana yang seharusnya mobil anda pakai. Akan tetapi jika hal ini harus dilakukan, kemungkinan mobil anda akan kekurangan sesuatu seperti berkurang tenaga mesinnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *