washer-wiper
washer-wiper

Air Biasa Atau Air Sabun Untuk Air Semprotan Wiper ?

Posted on

Air Wiper – Air semprotan wiper memiliki fungsi untuk membersihkan kaca mobil anda. Ia akan bekerja dengan baik jika terawat dengan baik. Terkadang ditemukan masalah jika selang semprotan mampet karena ada gumpalan atau kotoran yang masuk ke dalam saluran semprotan wipper. Lalu air apa yang baik digunakan untuk semprotan wipper agar ia dapat bekerja dengan baik ? Ada yang mengatakan air dicampurkan dengan deterjen. Lalu benarkah pemakaian deterjen untuk semprotan wipper ?

air-semprotan-wiper
air-semprotan-wiper

Air Biasa Atau Air Sabun ?

Air untuk semprotan wipper, bisa saja memakai air biasa. Akan tetapi, jika kita sedang bertamasya ke luar kota, kerap kali ada serangga yang menempel di kaca depan yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan air biasa. Oleh sebab itu kita sering mencampurkannya dengan deterjen, sabun cair atau shampo.

Sebetulnya langkah tersebut tidak salah selama kita melarutkan bahan-bahan pembersih tersebut sebelum dituang ke tabung semprotan wiper (washer tank). Masalahnya adalah ketika anda langsung menuangkan sabun cair bahkan deterjen ke tabung dengan harapan secara instan akan larut dengan sendirinya.

Inilah pangkal permasalahannya, jika berkali-kali dan selama bertahun-tahun hal ini dilakukan besar kemungkinan akan terbentuk gumpalan-gumpalan yang mengganggu kelancaran cairan pembersih kaca. Ditambah lagi usia pompa semprotan kaca yang semakin uzur sehingga daya dorong sudah lemah.

Jika hal tersebut sudah terjadi pada mobil anda, sebaiknya anda melakukan 2 hal ini :

  • Bersihkan tabung dan seluruh saluran (selang) semprotan hingga spuyer di kap mesin. Hal ini dilakukan karena kita tidak pernah bisa memastikan dimana saja terjadi penyumbatan. Sering sekali spuyer yang di kap mesin lebih dulu bermasalah karena tertutup debu dan obat poles (bagi yang rajin memolesnya).
  • Kemudian, periksa kembali kemampuan pompa semprotan, jika sudah lemah ada baiknya mengganti dengan yang baru.

 

Untuk itu, apabila anda merasa terdapat masalah pada semprotan wiper mobil anda atau ia tak berfusngsi secara optimal segeralah memeriksanya sebelum semprotan wiper anda rusak lebih parah dan ia dapat membahayakan atau hal-hal yang dapat merusak kaca mobil anda. Jika permasalahan berlanjut segera hubungi bengkel terdekat untuk memeriksanya.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *