11 Hal Penting Merawat AC Mobil
11 Hal Penting Merawat AC Mobil

Cek Ini 16 Tips Mudah Merawat AC Mobil

Posted on

Tips Merawat AC Mobil – Salah satu bagian yang paling menentukan kenyamanan sebuah mobil saat berkendara adalah AC (Air Conditioner) mobil yang bekerja dengan baik. Apabila AC mobil sudah tidak lagi bekerja dengan baik ini akan berakibat pada ketidaknyaman pengendara dan penumpang mobil, apalagi berkendara di jalanan ibu kota dengan suhu yang tinggi mau tidak mau kaca jendela harus dibuka. Sehingga akan membuat debu dan kotoran serta asap polusi  masuk ke dalam ruangan mobil, hal ini pasti akan membuat seisi mobil akan menjadi kepanasan, pengap dan sangat tidak nyaman. Sebelum membahas tentang tips mengenai ac mobil ada baiknya kita mengetahui apa saja komponen yang terdapat pada ac mobil.

Komponen AC Mobil

 

Terdapat tips penting untuk merawat AC mobil versi Coverbanmobil.com agar AC mobil anda tetap bekerja dengan baik dan selalu membuat nyaman seisi mobil.

merawat-ac-mobil

16 Tips Mudah Merawat AC Mobil

  • Jagalah kebersihan kabin mobil dari debu dan kotoran.

Mobil yang jarang dibersihkan akan menumpuk debu dan kotoran di dalam kabin, biasanya kotoran dan debu ini tersimpan pada karpet dan tempat duduk mobil. Debu dan kotoran terutama pada lembar karpet depan akan tersedot ke dalam evaporator yang lembab sehingga akan menimbulkan tumbuhnya jamur atau spora yang tak baik untuk kesehatan orang yang menghirupnya dan juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap ketika ac baru dinyalakan.

  • Semprotkan air yang kencang pada bagian condensor AC ketika mencuci mobil (yang ada di bagian mesin mobil).

Ini akan menghilangkan debu-debu yang menempel pada condensor ac mobil. Apabila tidak dibersihkan berkepanjangan akan terjadi korosi atau keropos yang akan berakibat kebocoran pada condensor.

  • Bersihkan komponen-komponen mesin ac mobil.

Bersihkan dari karat-karat debu dan kotoran, minyak pada coil-coil dan sayap-sayap ac mobil dengan rutin.

  • Periksalah extra fan (kipas yang berada di depan condensor) apakah menyala saat ac dinyalakan.

Bila tidak menyala, dalam beberapa waktu jika tidak diganti dengan yang baru akan berakibat pada kerusakan pada compressor dan selang high press bisa meledak.

  • Jangan Merokok di dalam mobil.

Karena nikotin pada asapnya akan mengotori evaporator akan lengket dan berlendir serta menimbulkan bau yang tidak sedap dan susah hilang.

  • Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang.

Anda dapat mensiasatinya dengan menurunkan temperaturnya.

  • Memilih tempat parkir yang teduh.

Karena kalau mobil di tempat yang panas ruangan mobil otomatis akan panas dan ketika pengemudi masuk ia akan menggunakan ac dengan daya maksimal dan proses yang lama untuk mendinginkan ruangan mobil. Beban pendinginan saat berjalan pun akan ikut tinggi.

  • Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu.

Setelah mesin stabil baru nyalakan AC mobil. Begitu juga sebelum mematikan mesin matikan terlebih dahulu AC mobil.

  • Hindari penggunaan pengharum mobil yang tak jelas.

Jangan gunakan pengharum mobil yang mutu dan kualitasnya tidak jelas karena baunya akan tersisa dan susah dibersihkan. Sebaiknya anda memilih pengharum dengan wewangian yang alami dan menenangkan.

  • Lakukan perawatan rutin AC paling lama satu tahun sekali.

Mengganti komponen-komponen AC dengan yang baru.

  • Memasang filter di kabin

Pasanglah filter di kabin untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk ke evaporator AC. Selalu pilih kualitas filter dibandingkan dengan hanya mengincar harga yang murah.

  • Periksa filter kabin

Saat anda melakukan servis rutin selalu lakukan pengecekan terhadap filter kabin dengan cara disemprot oleh angin.

  • Kurangi Membuka Jendela

Membuka jendela akan menyebabkan debu masuk ke dalam kabin mobil. Selain membuat mobil kotor bisa juga menggangu fungsi dari ac mobil tersebut.

  • Periksa RPM Mobil

Cek RPM mobil anda saat AC dihidupkan berkurangnya putaran akan mempengaruhi kinerja dari AC mobil anda.

  • Memperingan kerja ac mobil

Buka kaca mobil sebelum Menyalakan AC dan gunakan putaran blower paling tinggi yang bertujuan agar uap panas dalam kabin cepat keluar sehingga kerja AC tidak terlalu berat saat mendinginkan mobil.

  • Matikan AC saat perjalanan jauh

Matikan beberapa saat ketika anda melakukan perjalanan jauh, hal ini dilakukan untuk memberikan waktu istirahat pada ac serta menghindari pembekuan yag mungkin terjadi.

Dengan melakukan hal-hal penting ini demi menjaga kondisi ac mobil, anda akan selalu menghirup udara yang segar dan ac mobil anda akan awet tak perlu takut dengan kerusakan ac mobil yang membutuhkan biaya yang mahal. Sehingga anda nyaman saat berkendara dan hemat biaya operasional mobil anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *